wanita-stop-tribunedam_20160725_211759

 

Suatu saat ada sahabatmu ngajak nonton. Tapi besok ada ujian dan kamu mau fokus belajar. Kamu bingung gimana caranya nolak permintaan sahabatmu itu. Mau bilang nggak mau ikut nonton tapi kok nggak enak ya nolak ajakan sahabatmu. Akhirnya kamu beraniin nolak ajakan dia. Tapi dianya tetep maksa terus. Terpaksa deh, kamu ikutan nonton karena takut ngecewain sahabatmu. Akibatnya, nilai ujianmu jelek soalnya nggak sempet belajar.

Nah, pernah nggak ngalami kejadian kayak gitu? Emang nggak gampang buat ngadepin situasi kayak gitu. Tapi tenang aja, ada tipsnya kok.

Pertama. Pandang mata dan wajah lawan bicaramu. Katakan TIDAK.

Kedua. Kalau dia masih maksa, beri alasan singkat kenapa kamu menolak permintaan dia. Gunakan nada yang tegas. Kalau perlu, saat menyampaikan alasanmu, gelengkan kepala dan pasang tampang tegas dan tatapan mata tajam.

Ketiga. Kalau dia masih maksa juga, katakan “Aku nggak akan” atau “Keputusanku udah final”. Kamu tak perlu mengatakan alasan apapun lagi ke dia. Cukup ulangi saja “Aku nggak akan’ atau “Keputusanku udah final”.

Keempat. Mungkin ada sedikit rasa bersalah di hatimu kalau nolak permintaan sahabat atau orang yang deket ama kamu. Tapi jangan terpancing untuk minta maaf padanya, karena sebenernya kamu nggak salah dan nggak seharusnya ngerasa bersalah.

 

Demikian. Semoga bermanfaat.